Sebuah Kisah Tentang Uang

Seorang lelaki datang kpada seorang
tua yg tidur di bawah sebuah pohon
rindang,dimana di sekeliling lelaki tua
itu berkerumun sekelompok org dgn
hajat masing-masing.
“Apa yg kau inginkan?” tanya lelaki
tua itu,orang itu pun duduk bersila di
hadapannya,,smbil menyodorkan
setumpuk uang yg jumlahnya
lumayan banyak.
“Apa ini,dan..untuk apa?”tanya lelaki
tua itu dgn wajah heran
“ini uang..dengannya anda bisa
membeli apa pun di dunia ini,dulu
aku pernah datang kepadamu dlm
keadaan miskin,lalu engkau
‘mendoakan’ aku,sehinggah sekarang
aku bisa hidup mewah dan memiliki
uang yg banyak” Jawab org itu
”jadi sekarang apa yg kau inginkan
dariku?”Tanya lelaki tua
“walau pun aku sekarang kaya,tapi
hidupku tdk tentram,terasa musuh
selalu saja menghantuiku,keluargaku
pula tidak pernah memikirkan
aku,hidup ku terasa di kelilingi org2
yg hanya ingin memanfaatkan ku,aku
sungguh tidak tentram,tolong lah
do’akan aku lagi supaya aku bisa
tentram dalam hidup”
lelaki tua itu terdiam sejenak :”kalau
begitu,ambil lah kmbali uang ini,dan
pergilah beli ketentramanmu! bukan
kah kau kata,uang dapat membeli
sglanya..!?”
”Aku tidak bisa ,,,”
“Beli lah ketentraman mu,dengan
membeli kesusahan orang lain,jika
hidup mu suka berbagi kaya atau
tidak? akan selalu engkau
disenangi,disitu sumber
ketentraman,apa bila hidup bisa
memberi manfaat pada org
lain,bukan hanya karena materi.”
Lelaki itu pun tertunduk,lalu pergi dengan membawa kembali tumpukan uangnya,berlalu dengan rasa malu…

Moral:Uang bisa membeli kasur,tapi tidak bisa membeli tidur,uang bisa membeli obat,tapi tidak bisa membeli sehat,uang bisa membeli  azam,tapi tidak bisa membeli tentram,justru uang akan bisa lebih berarti jika hidup bisa saling berbagi..gunakan uang anda untuk membeli kesusahan orang lain … !

Tinggalkan Balasan

