KISAH ISLAMI

Mencari satu lagi JADULLAH,(Kisah Yahudi mengIslamkan sejuta suku Zulu)

” kisah bermula di Prancis kira-kira 50 tahun lalu … kisah lelaki tua bernama Ibrahim yang menjual makanan halal … di situ juga tinggal satu keluarga yahudi bersama seorang anak lelaki berusia 7 tahun bernama Jad .

setiap hari Jad akan membeli segala
kebutuhan harian yang dipesan oleh ibunya . setiap kali sebelum keluar dari toko Ibrahim Jad akan mengambil coklat kesukaannya tanpa pengetahuan Ibrahim …

satu hari setelah membeli kebutuhan harian seperti biasa … Jad terlupa mengambil coklat sebelum meninggalkan toko… Ibrahim memanggilnya ” Jad ! saya rasa kamu terlupa mengambil sesuatu hari ini”

Jad terkejut … dia tidak menyaangka Ibrahim mengetahui apa yg dilakukannya selama ini ” maafkan saya paman … tolong jangan
beritahu ibu dan ayah saya ”

” tidak apa-apa …yang penting kamu
harus berjanji tidak akan mengambil apa-apa di dalam toko ini tanpa izin saya …dan kapan saja kamu mau
keluar dari toko ini … ambillah coklat itu … ia adalah hak kamu ! ” .. Jad gembira dan berjanji akan meminta izin dulu sebelum mengambil coklat milik Ibrahim.

.. masa berlalu dan tahun berganti … Ibrahim semakin tua dan sudah dianggap bapak sebagai bapak dan kawan baik oleh anak Yahudi itu,Ibrahim menjadi akrab dengan Jad …menjadi kebiasaan setiap kali Jad menghadapi masalah, Ibrahim akan menjadi tempat curhat dan meminta nasehat dan setiap kali Jad bercerita tentang masalahnya ,u Ibrahim akan mengeluarkan sebuah buku tebal dari lacinya dan meminta
Jad memilih mana-mana halaman secara acak,Ibrahim akan membaca 2 halaman daripadanya hingga selesai, setelah menutup buku tersebut, baru lah Ibrahim memberikan nasehat dan jalan penyelesaian kepada masalah yang dihadapi oleh Jad.

14 tahun berlalu , Jad kini berusia 21 tahun, sementara Ibrahim sudah semakin tua,Ibrahim akhirnya dipanggil Ilahi …sebelum meninggal dunia Ibrahim mewasiatkan kotak ‘ajaibnya ‘ untuk diserahkan kepada Jad,dalam kotak itulah Ibrahim menyimpan sebuah buku tebal yang
sering dibacakan kepada Jad setiap kali Jad mengadu masalah kepadanya.

Jad tergaman dan sedih bila menerima
kotak tersebut, kerana baginya hanya
Ibrahim saja yang mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi selama ini.

hari terus berlalu … setiap kali dirundung masalah , Jad akan teringatkan Ibrahim … kini
yang tinggal hanyalah sebuah kotak … kotak itu juga sering dibukanya … di dalam tersimpan buku tebal yang selalu Ibrahim baca setiap kali dia datang mengadu masalahnya.

Jad membuka buka itu tapi buku itu ditulis dalam bahasa Arab dan dia tidak tau membacanya.hati memberontak ingin mengetahui apakah yang tertulis dalam buku
yang selalu di baca Ibrahim setiap kali dia datang mengadu kepadanya..

karena penasaran,Jad membawa buku itu kepada salah seorang sahabatnya
yang berbangsa Tunisia …
Jad melakukan perkara yang biasa dilakukan ketika bersama Ibrahim dulu, secara acak dia memilih halaman dan meminta sahabatnya membaca kemudian menerangkan maksudnya

Jad terkejut kerana penjelasan ayat tersebut telah menyelesaikan masalahnya …
” buku apa ni , sebenarnya ?” kata Jad
” inilah al-Quran , kitab suci orang Islam “jawab sahabatnya

” bagaimana untuk menjadi seorang
Muslim ? ” kata Jad

” dengan mengucapkan syahadah dan
mengikut tuntutan syariat ” jawab sahabatnya

tanpa keraguan , Jad terus mengucap
syahadah dihadapan sahabatnya dan
sekarang dia menjadi Muslim dan menukar namanya kepada Jadullah Al-Qurani,mengambil nama kitab suci al-Quran dan rasa hormatnya yang
tidak terhingga kepada kitab suci itu yang selama ini telah menjawab semua persoalan masalahnya.

sejak saat itu,jad telah membuat keputusan untuk mengabadikan diri seluruh hidupnya untuk menyebarkan ajaran Al Quran,Jadullah mulai mendalami dan benar benar memahami isi kandungannya.

Dari itulah dia meneruskan dakwahnya ke eropa dan tlah berhasil mengislamkan 6 ribu orang yahudi dan kristen.

suatu hari Jadullah mmbuka Al Quran yg di berikan Ibrahim.tiba2 dia terpandang lipatan peta dunia yg terselit di dalam Al Quran itu.di atasnya ter tulis tanda tangan Ibrahim beserta sepenggal ayat Al Quran dari surat An-Nahl 125:”serulah ke jalan Tuhan mu(wahai Muhammad)dengan hikmat kebijaksanaan dan nasehat pengajaran yang baik…”

Jad yakin,pesan itu adalah dari Ibrahim untuknya.dan bertekad akan memenuhi permintaan Ibrahim,semenjak itu Jadullah meninggalkan eropa untuk berdakwah di benua afrika termasuk kenya,sudan selatan(wilayah mayoritas kristen),uganda dan negara sekitarnya.Jadullah berhasil mengIslam kan lebih 6 juta orang dari Suku Zulu.belum termasuk suku-suku yg lainnya.

Jadullah Al Qurani adalah muslim yg bijak,da’i sejati yg mengabadikan 30 tahun dari usianya untuk mengembangkan islam ke benua Afrika,sudah berjuta-juta suku suku yg menghuni benua Afrika berhasil di Islamkan di tangannya.Dia meninggal di pada 2003 menderita sakit ketika usianya 51tahun ketika sedang khusyuk berdakwah.semoga Allah merahmati nya.

Jadullah Al Qurani sendiri memeluk islam di tangan Seorang lelaki tua yang tidak mempunyai pendidikan tinggi.tapi memiliki akhlak Islam yang lurus,tulus dan mengagumkan.

Ibrahim yang ia kenal selama 17 tahun tidak pernah memanggilnya,”hey..kafir!” apa lagi menggelarnya “Hey..Yahudi!!”

Bayangkan selama 17 tahun berteman.Ibrahim tidak pernah sekali pun mengajar atau menyebut tentang Islam kepada Jad.jauh sekali untuk berbincang tentang soal agama Islam maupun Yahudi.persahabatan itu berlangsung atas dasar ke ikhlasan dan arti persahabatan yg sesungguhnya.

Ibrahim seorang lelaki tua yg sederhana tau bagaimana untuk memikat hati seorang anak anak.maka dia hanya melantunkan akhlak Muslim sejati yg di bawakan Al Quran.Hanya itu umpan yang di gunakan oleh Ibrahim yang luhur untuk memikat Jad kepada Islam.itu pun terjadi setelah kematiannya.

kisah Jadullah ini adalah kisah Nyata.yg di kutip dari dari nukilan Syeikh Emad Effa dan telah di terjemahkan dalam bahasa Inggris oleh Al-Ikhwan Al Mujahidun,mahasiswa undang-undang Islam Universitas Al-Azhar kairo,Mesir.
sebagai renungan untuk umat islam masa kini yang begitu rapuh nilai keimanannya.dimana orang islam tidak lagi mengikuti cara dakwah yang di anjurkan Al Quran.begitu mdah melemparkan perkataan tidak baik,mencerca,mengatakan orang lain sesat,tanpa usul periksa,menyebarkan fitnah sedang kan sesama muslim.

Bisa jadi.hari ini kita dapati orang itu Kafir,tidak mustahil suatu hari nanti hidayah Allah datang kepada nya.dan dia pun memeluk Islam.kenanglah kisah Umar Al-Khattab,yg memusuhi Rasulullah Saw pada awal kerasulan baginda.tapi dengan Allah telah meniupkan Hidayah kepadanya.serta pribadi dan Akhlak yang amat mulia yg ditunjukan Rasulullah menjadikan Umar sebagai seorang Islam yg sejati.Dan karena Akhlak terpuji dari Rasulullah juga Islam bisa berkembang pesat hingga saat ini.

sesungguhnya Allah lah yang Maha mengetahui dan Maha mengkendaki segalaNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s